Tips Mendaki Gunung Untuk Wanita (Untuk Pemula)

Friday, June 10, 2016

Welcome Back to My Blog, Girls ;))
Kali ini aku mau kasih tips buat kalian para perempuan-perempuan yang berencana untuk naik gunung. Semua tips yang aku share ini pengalaman aku sendiri selama naik gunung. Karena setiap aku update foto di media sosial saat lagi naik gunung pasti banyak temen-temen perempuan yang comment mulai dari 'ih pengen banget juga bisa naik gunung :((' 'ga takut naik gunung? ntar kalo ilang di gunung gimana?' 'kalo nyasar pas naik gunung? gimana' 'capek ga naik gunung?' itu pertanyaan yang selalu ada setiap aku posting foto saat naik gunung jadi aku memutuskan buat artikel ini. Mungkin ini bisa dibilang juga tips buat kalian yang pengen banget naik gunung tapi gatau apa aja yang harus dipersiapkan. Semoga abis baca artikel ini kalian jadi semakin yakin buat naik gunung ya girls!


1. Cari Tahu Tentang Jalur Pendakian



Browsing...browsing! Ini hal yang paling pertama aku lakukan kalo dapet ajakan naik gunung. Aku pasti browsing atau tanya-tanya ke temen yang udah pernah mendaki gunung yang mau aku tuju. Menurut aku ini penting banget kita lakuin sebelum naik gunung jadi kita bakal tau dan ga bakal kaget lagi sama trek yang bakal kita laluin pas mendaki nanti dan juga bisa disesuaikan sama pakaian jalan kita saat mendaki gunung. Terus juga kita bisa sesuaikan logistik sama jalur pendakian yang mau kita daki. Ini penting banget loh. Contohnya ; cari tau ada berapa sumber mata air yang bakal kita lewatin dari jalur yang kita pilih, jadi kita bisa mengantisipasi kehabisan air saat mendaki.

2. Olahraga!


Harus olahraga sebulan sebelum pendakian! Jujur aja aku sendiri termasuk males kalo suruh olahraga hahaha.... Tapi kalo mau naik gunung sebulan sebelum mendaki aku pasti rutin olahraga setiap hari. Biasanya olahraga yang aku lakuin sebelum mendaki itu skipping, jogging, sepeda, treadmill. Kenapa harus olahraga sih? Mendaki gunung ga sama kayak kalo lagi tawaf di mall girls. Namanya juga mendaki jadi jalan yang kalian laluin nanti pas naik gunung pasti menanjak dan bakal banyak hal-hal yang kita temuin ga pernah kita duga sebelumnya saat mendaki. Jadi persiapan fisik harus diutamakan buat kalian yang mau mendaki ya...

3. Utamakan Keselamatan Daripada Penampilan




Pastikan pakai sepatu gunung dan jangan menggunakan celana jeans! Aku ngerti banget kalo perempuan itu pas foto di gunung mau tetep keliatan cantik dan kece kalian juga pasti begitu kan? XD Boleh aja tapi harus disesuaikan sama tempat ya. Saat naik gunung aku sering banget ketemu pendaki yang pakaian jalannya (pakaian yang digunakan saat mendaki) itu kayak mau ke mall. Pake celana jeans, sandal jepit, sepatu converse dan bahkan aku pernah ketemu pendaki perempuan yang nanjak pake sepatu crocs. Miris sih liatnya karena mereka lebih mengutamakan penampilan daripada keselamatan.Cuaca dan jalur di gunung itu bener-bener ga terduga. Kadang panas terik terus beberapa menit kemudian turun kabut dan hujan deres. Jalur yang tadinya ada tandanya, setelah kena hujan ilang begitu aja dan jadi licin luar biasa. Jadi pastikan kaki kalian tetap nyaman dalam keadaan apapun. Jangan pernah pakai celana jeans saat mendaki. Kenapa? celana jeans itu justru menyerap dingin saat basah dan bakal semakin dingin kalo kena angin. Kalian gamau sampe kena hypotermia kan? Jadi pastikan kalian pake baju dan celana yang mudah menyerap keringat dan pastinya ringan. 

4. Harus Mendaki Berkelompok




Jangan sendirian! Sangat tidak dianjurkan buat para pemula mendaki sendirian. Bareng-bareng itu lebih seru bisa bercanda-canda dan bisa saling semangatin kalo ada yang capek. Pastikan ada pendaki laki-laki yang mendampingi kalian. Kenapa? Laki-laki itu insting tentang jalanannya lebih tajem karena pake logika kalo perempuan kan pake perasaan XD dan juga kalo mendaki berkelompok kalian bisa berbagi barang bawaan logistik jadi bisa sama rata beratnya.

5. Bawa Barang Bawaan Secukupnya




Jangan baju satu lemari dibawa! Walaupun udah tertanam di jiwa perempuan prinsip 'bawa aja dulu, siapa tau ntar dibutuhin' plis jangan pake prinsip itu saat kalian naik gunung. Ini bakal menyusahkan kalian sendiri saat naik gunung karena carrier kalian bakal semakin berat sama printilan-printilan yang ga perlu dan ternyata gabakal digunakan saat di gunung. 

6. Ga Boleh Manja!


Masih jauh gaaaa? Ini juga harus diperhatikan sama perempuan-perempuan yang mau naik gunung. Karena kalian udah memutuskan buat naik gunung jadi sebisa mungkin agak-agak dikurangin ngeluhnya ya girls. Kalo kebanyakan ngeluh selama mendaki temen kalian bisa kapok loh dan gamau ngajak kalian lagi :P

7. Harus Dapat Izin Orangtua




Restu orangtua itu penting! Ga cuma pacaran aja loh yang harus dapet restu dari orangtua tapi naik gunung juga :p Pastiin kalo orang tua kalian tau kalo kalian mau naik gunung. Pasti banyak perempuan-perempuan yang pengen naik gunung tapi masih belum dapet izin dari orangtua. Awal-awal naik gunung pun aku dapat penolakan dari orangtua dan pas aku kasih penjelasan dan pengertian naik gunung alhamdulillah mereka ngizinin naik gunung sampe sekarang. Jadi omongin baik-baik sama orangtua ya sebelum mau naik gunung.

Sekian tips dari aku semoga membantu girls ;))

Follow Along
Facebook/Twitter/Instagram/Line@

contact.theakirana@gmail.com

You Might Also Like

1 love (s)

Thankyou for droping by. Please leave your footstep here ♡
Sorry, active link will be automatically removed so make sure you use active profile.