Explore Bromo

Sunday, May 22, 2016

Akhirnya beberapa waktu yang lalu aku punya kesempatan buat menginjakkan kaki di Malang. Selain jalan-jalan tujuan utamanya tentu aja ke Gunung Bromo. Akhirnya bisa ngeliat Gunung Bromo secara langsung, selama ini cuma liat di gambar kalender aja :P

Aku pergi ke Malang dan memilih trip Bromo pake jasa travel agent. Perjalanan ini banyak banget gregetnya. Dimulai dari kejar-kejaran waktu buat ngejar kereta untung sampe stasiun belum ditinggal :( Ga cuma sampe situ aja, kereta yang kita naikkin pun anjlok!! Dari yang seharusnya Jakarta-Malang itu cuma 8 jam, kita semua harus menempuh perjalanan 24 jam. Iya. 24 Jam. Gila banget kan dari siang sampe ketemu siang lagi harus duduk aja di kereta dan karena itupun stock makanan di dapur keretanya juga abis.... gimana kita harus bertahan hidup *mewek*. Siang keesokan harinya, akhirnya kita semua sampe di Stasiun Malang Kota Baru dalam keaadan lusuh, lepek ga karuan. Karena udah capek akhirnya kita memutuskan istirahat di seberang stasiun. Disitu ada semacam taman yang isinya banyak jualan makanan dan ada kamar mandi umumnya juga. Akhirnya tertolong.

Setelah istirahat kita melanjutkan perjalanan. Tujuan utama yang udah disusun sama travel agentnya adalah Air Terjun Madakaripura. Kesialan kami pun berlanjut. Ditengah perjalanan ujan deres dan saat sampe didepan pintu masuk wisatanya kita gabisa masuk karena disekitar air terjunnya longsor hiks....
Pintu masuk Kawasan Air terjun Madakaripura (15:47 pm)
Karena longsor dan gabisa masuk jadi lumayan paling ga udah sampe depan pintu masuknya ya. Akhirnya karena udah terlanjur sampe sini kita pilih buat duduk-duduk di warung kopi yang ada di depan pintu masuk wisatanya. Ujung-ujungnya makan indomie hahaha. Dari kawasan air terjun ini ke Gunung Bromo butuh waktu sekitar 3-4 jam. Menjelang malam akhirnya kita sampe di penginapannya. Udaranya udah dingin banget karena udah di kawasan Gunung Bromo.
secapek apapun teteup foto-foto *sikap* (19:58 pm)
Penginapannya ini nyaman banget berasa dirumah sendiri *halah* di setiap kamar mandi ada air panasnya. Pas banget kan. Tourguidenya ngingetin kita buat bangun sekitar jam 2 pagi. Aku pikir apa ga kepagian dan dinginnya luar biasanya pastinya jam segitu. Aku salah besar. Jam 3 pagi kita semua naik Jeep. Harusnya ada 3 Jeep dan ternyata yang satu rusak jadi kita harus kayak pepes karena cuma akhirnya cuma dibagi dua kelompok. Okay jam 3 pagi ternyata jalan menuju puncaknya udah macet sama Jeep-jeep yang disewa pengunjung. Yang bener aja macet gara-gara Jeep ngantri. Ternyata karena itu long weekend jadi semua Jeep yang ada di kawasan Gunung Bromo keluar semua saat itu buat nganterin pengunjung liat sunrise di puncak dan jumlahnya RIBUAN..... omaigat. Yaiyalah jadi macet.
antrian jeep (4:42 am)
antrian jeep (5:34 am)
Tapi setelah kita sampe puncak semuanya masih gelap *subuh aja belom tjoy*. Kita nunggu sunrise di Puncak Pananjakan 1. Cuma perlu mendaki dikit aja kok dari tempat parkir jeepnya.
sunrise dari puncak Pananjakan (5:03 am)
Pas liat sunrisenya mulai muncul kerasa banget semua perjuangan kita dari Jakarta sampe Malang terbayar. Pemandangan ini cuma bisa didapetin disini. Semua pengunjung mulai riuh pas sunrise mulai muncul sambil nahan dinginnya Bromo pagi itu.
with my daddy

cuma di Indonesia <3
Setelah matahari mulai tinggi kita melanjutkan perjalanan dan turun ke gunungnya. Tujuan selanjutnya itu ada dibawah awan-awan itu. Namanya Kawah Ijen. Yang menarik dari Gunung Bromo ini mereka punya suku sendiri sebagai penduduknya dan hampir semua suku itu jadi pemilik jeep dan tentunya mereka yang nganter kita selama di kawasan Bromo.

i believe i can fly
Buat ke puncak kawah Ijen kita bisa pake dua cara. Pertama naik kuda biar seru, kedua jalan kaki ajalah biar sehat. Aku pilih jalan kaki karena naik kuda malah lebih rempong kayaknya.
keuntungan milih jalan kaki, bisa mampir kanan-kiri :p

Buat naik ke kawahnya kita bisa lewat tangga yang udah disediain. Kalo gasabar ngantri di tangga kalian bisa mendaki disamping tangganya, gausah ngantri dan aku pilih jalur yang itu. Lebih cepet :P Tujuan selanjutnya setelah kawah Ijen adalah pasir berbisik. Kalo pasirnya lagi kering dan ketiup angin katanya suaranya kayak orang lagi bisik-bisik gitu.
pasir berbisik
dan ada satu tempat tujuan terakhir yaitu bukit teletubies yang bukitnya mirip-mirip rumahnya teletubies gitu.
happiw!

sekian Explore Bromo dari aku kalo ke Malang pastiin kalian ke Bromo juga ya! <3