[TRAVEL] Pendakian Gunung Merbabu - Jalur Selo

Saturday, September 12, 2015

Im come back after a long long long hiatus. Beberapa bulan yang lalu aku dan teman-teman seperjuangan sependakian melakukan pendakian ke Gunung Merbabu. Perjalanan dimulai dari poll bis lampu merah PAL di daerah Cimanggis. Terpaksa sih ikut ngumpul disitu karena domisilinya lebih banyak disitu :P. Perjalanan ditempuh sekitar 6 jam dan berakhir di terminal Boyolali. Dari terminal boyolali kita lanjut perjalanan dengan naik semacam bis 3/4 buat bisa sampai ke Selo.

Jalur pendakian Gunung Merbabu yang sering dilewatin itu ada dua jalur, yaitu via selo dan via wekas. Jalur Selo sesuai dengan namanya kita akan dibawa mendaki dengan 'selow' hahaha karena jalurnya yang landai. Pas sampai di pos pendakian kita harus mendaftar dulu dibasecamp yang ada di depan gerbang jalur. Kita cukup nulis nama aja kok. Basecamp ini bisa menampung banyak pendaki yang mau istirahat. Bisa sambil ngemil-ngemil indomie dan semacamnya :p

sebelum memulai pendakian

Di awal pendakian sampai tikungan macan masih cukup landai menurutku. Tapi setelah itu...... hilang sudah semua hahaha. Untuk bisa sampai di Pos Batu Tulis jalurnya mulai cukup menguras tenaga, tetapi sesampainya di Pos Batu Tulis pemandangannya luar biasa. Lumayan buat obat penghilang ngos-ngosan :p

Yak! dari Pos Batu Tulis kita lanjut ke pendakian yang sesungguhnya menurutku :p karena buat bisa sampai di Pos Sabana I jalur yang harus kita lalui agak terjal dan sangat menguras tenaga.

siap menuju Sabana I !!!

Abis istirahat beberapa menit kita lanjut pendakian sekitar jam 2 siang, karena aku termasuk Tim Lambat jadi sampai di Sabana I kira-kira hampir jam 5 sore hahaha dan ternyata buat sampai ke puncak Kentheng Songo masih harus menempuh pendakian beberapa jam lagi!! Omaigat para wonder womennya pun udah ga sanggup lagi kalo lanjut mendaki. Akhirnya kita memutuskan ngecamp di Sabana I dan summit attack besok paginya.

Camp kita di Sabana I

Sekitar jam setengah 8 besok paginya kita siap-siap summit attack. Dari Sabana I ke Puncak ditempuh sekitar 2 jam (maklum tim lambat :p). Yak, treknya ga main-main. Apalagi ketika pas mau sampe puncak tiba-tiba hujan deras.

sebelum hujan deras

Kira-kira jam 9.35am kita sampai puncak. Tapi belum selesai sampai situ, karena harus mikirin gimana cara turunnya berhubung hujan cukup deras.
Puncak Trianggulasi

Ternyata hujan ga berhenti sampai sore, jadi kita memutuskan buat bermalam sehari lagi di Sabana I karena cuaca yang ga mendukung.
Our Camp! Merbabu view Merapi

Buat yang belum mendaki Gunung Merbabu gaada salahnya dicoba :p karena capeknya terbayar sabana khas Merbabu yang bagussssssss. Salam Lestari! <3