Makanan Ringan Khas Jepang

Thursday, June 28, 2012


Takoyaki

Yap, Takoyaki adalah salah satu cemilan khas jepang. Bentunya bulat-bulat ya kira-kira 3-5 cm. Terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi gurita di dalamnya. Ini salah satu makanan favorit aku ><

Okonomiyaki


Kalo di Indonesia biasanya sih kalo ada yg jualan Takoyaki disitu juga ada yang jual okonomiyaki. Pertama kali liat dan cobain rasanya sekilas mirip telur dadar hehe. Okonomiyaki salah satu jajanan khas Jepang terbuat dari bahan terigu diencerkan menggunaan dashi, ditambah kol, telur ayam (makanya sekilas kayak telur dadar XD), makanan laut atau daging (bisa gurita, ikan, dll) terus digoreng diatas penggorengan datar atau disebut teppan. Toping okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera kita :D wanna try?

Dorayaki


Siapa hayo yang gatau dorayaki? Itu lho makanan kesukaannya Doraemon ^^. Dorayaki termasuk golongan kue tradisoinal Jepang. Bentuknya bundar sedikit tembem ya kayak Doraemon gitu XD, terdiri dari dua lembar yang direkatan dengan selai kacang merah. Teksturnya lembut mirip kue Jepang Castella soalnya adonannya mengandung madu.

Mochi


Mochi itu Kue Jepang terbuat dari beras ketan ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat dan diisi pasta kacang merah. Aku pernah liat langsung acara pembuatan Mochi dengan alat-alat tradisional jepang. Ternyata proses pembuatannya seru lho... Nama alatnya Kine (Palu kayu) dan Usu. Kalo di Indonesia mirip buat numbuk padi gitu. Numbuknya juga dilakukan berdua dan pake aba-aba yang jelas, harus ada irama yang tepat supaya tidak ada yang cedera (soalnya palunya itu gede banget XD)

Taiyaki


Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan terbuat dari tepung terigu kemudian dipanggang. Bagian atas dan bawah kue dipanggang terpisah. Setelah hampir matang kedua bagian disatukan dengan selai kacang merah. Taiyaki juga sering diisi coklat, keju atau sosis. Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merahnya, kalo sampai bagian ekor berarti kualitasnnya bagus.

Dango


Kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus didalam air. Kushidango adalah sebutan untuk 3-5 butiran Dango yang ditusuk dengan tusukan (kushi) dari bambu. Kushidango biasanya disiram dengan saus. Sausnya terdiri dari dua rasa yaitu saus manis-asin dan saus kecap asin. Ushidango juga biasanya dioleskan atau diberi taburan selai kacang merah, bubuk kacang kedelai dan gula pasir, selai kacang kedelai muda, selai kacang walnut, wijen dan gula pasir.

Senbei


Makanan ringan khas Jepang dibuat dari tepung beras atau tepung serealia yang lain. Senbei bisa dibentuk bundar, persegi, atau persegi panjang yang pipih. Dimasak dengan cara dipanggang hingga warna kuning keemasan. Mirip kerupuk gitu :D. Di minimarket di Indonesia banyak yang jual kok aku sering beli hehe.

Manju


Manju adalah makanan tradisional Jepang yang populer. Ada banyak jenis Manju, tetapi kebanyaan bagian luarnya dibuat dari tepung terigu, tepung beras dan gandum dan diisi pasta kacang merah, terbuat dari kacang Azuki rebus dan gula. Merekka direbus bersama-sama lagi dan diremas. Ada beberapa jenisa pasta kacang yang digunakan termasuk koshian, tsubuan, dan tsubushian.

Melon Pan


Melon pan atau dikenal sebagai panci melon, melon roti atau roti. Roti manis produk dari Jepang tetapi juga populer di Cina dan Taiwan. Penampilan Melonpan menyerupai Melon (semangka). Melon pan ga bener-bener rasa melon. Variasi melonpan bisa biasa ditambah chocolate chips, antara lapisan kue diperkaya dengan rasa aramel, maple sirup, coklat atau rasa lain.  

Kakigori


Kakigori adalah makanan pencuci mulut di Jepang yang terbuat dari rasa es serut dengan sirup stroberi, ceri, lemon, teh hijau, anggur, melon, dll. Beberapa toko menyediakan variasi yang berwarna-warni dengan menggunakan dua atau lebih sirup yang berbeda. Untuk mempermanis kakigori, susu kental manis sering dituangkan diatasnya. Aku pernah cobain dan rasanya kayak es serut dikasih sirup XD *yaiyalah*

Buat kalian yang berkesempatan ke Jepang jangan lupa cobain makanan-makanan diatas yaaaaa..

You Might Also Like

1 love (s)

Thankyou for droping by. Please leave your footstep here ♡
Sorry, active link will be automatically removed so make sure you use active profile.